Rabu, 02 Januari 2013

Catatan kecil dipenghujung tahun..

jika ditanya apa makna 2012 untukku..


maka jawabanya adalah 365 hari yang sungguh amat sangat menakjubkan..

hari-hari yang kulalui dengan deraian air mata, dengan canda tawa, dengan untaian senyum, dengan rasa yang sungguh sulit kuterjemahkan lewat kata-kata. pada 2012 ini kutemukan banyak cinta..
kupelajari banyak rasa yang tak bisa diungkap lewat kata apapun, lewat warna apapun. aku bersyukur mampu melewati tahun ini dengan baik walaupun tentu banyak penyesalan yang tertinggal, dan masih banyak hal yang belum sempat kulakukan pada tahun 2012 ini.

aku bertemu dengan banyak orang luar biasa ditahun ini. bertemu dengan banyak orang hebat yang mampu membuka mataku, merubah paradigmaku, merupah pola pikirku..
aku belajar banyak hal ditahun ini.

"belajar bahwa sesakit apapun yang kurasakan, aku harus tetap mampu tersenyum"

"belajar bahwa separah apapun kondisiku, aku harus tetap bersyukur karena banyak orang yang mungkin tak seberuntung aku"

"belajar tentang fitrahku, bahwa aku seorang muslimah. yang tak boleh terlalu mudah mengumbar rasa. yang harus mampu menjaga dirinya, harus mencintai dalam diam walau sesakit apapun itu"

"belajar tentang keteguhan hati untuk melepaskan seseorang yang bahkan amat kusayang"

"belajar tentang keistiqomahan menanti seseorang yang kelak kan menjagaku, mengajak dan menuntunku menuju keridhaanNya"

"belajar tentang perjuangan, tentang arti kehidupan, tentang kesendirian, tentang do'a"

"belajar tentang sejatuh apapun aku, aku tetap harus mampu bangkit bahkan tak boleh menunjukkan kejatuhanku"

yaa, ada satu peristiwa yang kuingat dimana saat itu aku sedang berada pada suatu titik yang sangat lemah, yang sudah hampir menyerah. tapi justru disaat itulah aku masih mampu menguatkan orang lain, masih mampu tersenyum untuk orang lain padahal saat itu aku sendiripun sedang butuh dikuatkan. aku bangga pada diriku sendiri, karna mampu menekan kemarahanku pada orang itu.. :)

tahun 2012 adalah bulan-bulan penuh arti.

januari 2012 : 
bulan dimana aku memperjuangan keyakinanku, walau harus dijatuhkan tapi aku bersyukur karena kau punya orang-orang hebat yang mengelilingiku, yang kan membantuku bangkit saat aku jatuh.
"menangis memang bisa membuat perasaan kita lebih lega. tapi menangis takkan bisa merubah apa2. berfikir dan bergeraklah. lalu rubahlah dunia.."

februari 2012 :
dibulan ini aku belajar tentang melapaskan sesuatu yang kita suka demi orang yang kita sayang. walau pengorbanan ini tak dihargai pada akhirnya tapi aku bersyukur karena punya kelapangan hati untuk berkorban.
"terimakasih krn masih mengizinkanku menikmati keindahan dunia YA ALLAH.. rangkulah aku dan jangan biarkan aku terjatuh dalam keputus asaan.."

maret 2012 :
masih sama seperti bulan sebelumnya, dibulan ini aku sedang belajar melepaskan..
"aku terlalu sibuk menjaga hati dan perasaan orang lain, tapi membiarkan hatiku sendiri terluka.." 

april 2012 :
butuh waktu lama memang untuk menyembuhkan luka, tapi bukan berarti tak bisa. perlahan waktu menyembuhkan lukaku..
"waktulah yang akan menyembuhkan luka, dan menghapus air mata duka.."  

mei 2012 :
perlahan rasa sakit itu hilang, terganti tawa. tapi ada seseorang yang mulai mengusik pikiranku..
"perasaan macam apa ini Ya Rabb.."  

juni 2012 :
rasa sakit itu memang masih ada, butuh waktu lama untuk belajar merelakan dan mengikhlaskan. tapi tak apa kehadiran sang pengusik hati sedikit membantuku mengurangi sakitnya..
"Seandainya merelakan seseorang itu semudah menulis kata 'rela'.." 

juli 2012 :
bulan ini aku kehilangan orang yang kusayang, nenekku. mereka bilang aku tidak boleh menangis dan harus mengikhlaskan, tapi bukankah bagaimanapun kehilangan itu tetap menyakitkan.. 
tentang sang pengusik hati, sudah bolehkah kusimpulkan apa yang kurasa ini sebagai cinta?
"jika memang ada cinta, biarkanlah kupendam dalam hatiku. Aku ingin mencintainya dalam diam tanpa harus kuumbar rasaku, sebelum Kau ikatkan hatiku dan hatinya dalam kesucian cintaMu.." 

agustus 2012 :
saat aku masih bimbang tentang rasaku pada sang pengusik hati, antara kagum dan cinta. sang pengusik hatiku mulai berubah, tanpa kusadari dia melangkah pergi..
"biarlah kagum ini kusimpan dalam hati, dalam istikharah sujud pada-Nya ku pinta, semoga engkau yg Allah pilih dan Allah ridhoi sebagai imam dan ayah dari anak-anakku kelak.." 

september 2012 :
bulan yang penuh perjuangan penuh air mata. riak-riak kebencian mulai tumbuh, benih-benih kemarahan tumbuh subur. kali ini aku merasa sendirian dan merasa diabaikan..
"Ya Rabb, luruhkan semua kemarahanku. jangan sisakan dendam dihatiku.."

oktober 2012 :
aku mulai terluka oleh perubahan sang pengusik hati, rasanya dia semakin jauhh..
"mengukir senyum meski luka yg dia buat semakin dalam.." 

november 2012 :
bukan lagi sakit yang kurasakan pada sang pengusik hati, tapi berubah menjadi kemarahan. saat aku menyadari yang kurasa adalah cinta tapi dia tak peduli malah terus saja melangkah pergi.. 
"Bisakah kau melihat, aku sedang berusaha mendekat?" 

desember 2012 :
dia kembali, dan aku mulai membingkai lagi mimpi-mimpi itu. dia seperti angin kadang menyejukkan, kadang berhembus terlalu kencang tapi kadang juga menghilang.
"walau telah sedikit lebih baik tapi disadari atau tidak ada jarak tak kasat mata yang memisahkan aku dan dia.. "

inilah kisahku, 
pahit manis yang kurasakan selama tahun 2012..
ini hanya catatan kecil yang tertinggal, yang aku kisahkan pada kalian..
dan kini.. AKU SIAP MENYAMBUT 2013.. :) 

Tidak ada komentar: