Senin, 25 November 2013

Pengajar Keren On Duty :D


Apa kabar sahabat, lama tak kusapa kalian lewat kisahku..
Kali ini aku akan membagikan oleh-oleh pada kalian..
Oleh-oleh dari pelatihan pengajar keren on duty :D

Berawal dari tanpa sengaja membaca timeline @SSChildSurabaya disalah satu social media dan informasi dari teman sesama pengajar, maka hadirlah aku di sebuah acara yang diberi nama Pelatihan Pengajar Keren On Duty..

Apa sih pengajar keren on Duty itu ?
Kalau menurutku pribadi sih, Pengajar Keren on Duty ini sebuah pelatihan untuk para pengajar keren yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan memperkenalkan metode-metode pengajaran yang kece, supaya para pengajar bisa lebih kreatif dan inovatif lagi dalam memberikan pengajaran kepada adik-adik, sehingga tercipta suasana belajar mengajar yang kondusif.

Kalau ditanya bagaimana kesan mengikuti kegiatan ini?
Maka seluruh peserta pasti akan menjawab LUAR BIASA ANTUSIAS..
Didampingi Fasil-Fasil kece dan berada diantara teman-teman yang punya semangat yang luar biasa, rasannya sungguh MEMBAHAGIAKAN..
Bagaimana tidak bahagia, jika kita berada ditempat yang membuat kita nyaman, berada diantara sahabat-sahabat yang memiliki visi yang sama, generasi muda Surabaya yang KEREN dan punya semangat berbagi yang menggebu-gebu.
Ahh.. rasanya sebuah kebahagiaan sederhana yang tidak bisa diuraikan lewat kata-kata lah..

Jika pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang aku dapatkan?
Maka aku akan bercerita panjang lebar pada kalian..

Sabtu pertama tanggal 09-11-2013
Kami para pengajar keren membuat yang namanya pohon harapan. Apa itu pohon harapan? Jadi ceritanya kami diminta membuat pohon dengan kreasi kelompok  kami masing-masing dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai. Di pohon itu ditempeli kertas-kertas, dimana kertas berwarna merah muda itu berarti buah yang berisi harapan-harapan kami baik itu tentang harapan pribadi, harapan untuk pelatihan pengajar keren on duty, harapan untuk adik-adik kami ataupun harapan untuk SSCS kedepannya.

Selain itu dipohon itu juga ditempeli kertas berwarna hijau yang difilosogikan sebagai kerikil, dimana kerikil itu diibaratkan halangan-halangan bagi kami untuk memenuhi harapan itu..

Hari itu kurang lebih aku menulis begini..
harapanku :
Semoga semangat berbagiku tidak pernah padam, semoga adik-adik punya kehidupan yang lebih baik dan semoga SSCS semakin banyak menularkan semangat berbagi untuk para anak muda kota ini. :D

Halangan :
Waktu dan Kesibukan :(
 Pohon harapan kelompok kopi susu :)

Sabtu kedua tanggal 16-11-2013
Kami belajar tentang metode belajar mengajar kreatif. Ceritanya kami dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana setiap kelompok diberikan indikator pembelajaran, lalu kami diminta membuat dan mempresentasikan metode pengajaran kami. Waktu itu kelompokku, kelompok Bumi mendapatkan indikator : Metamorfosis kupu-kupu dan operasi perkalian.

Untuk metode operasi perkalian kelompok kami menggunakan media menghitung pensil warna.
Dan untuk metamorfosis kupu-kupu, aku secara khusus mengarang lagu. Yang Kurang lebih lagunya begini :

Hayoo siapa tahu asalnya kupu-kupu..
Dia dari telu rmenetas jadi ulat,
Ulatnya berubah menjadi si kepompong,
Kepompong terbuka terbanglah kupu-kupu..

Sabtu Ketiga tanggal 23-11-2013
Sabtu ini masih dengan materi yang sama dengan sebelumnya, karena untuk mengganti materi hari minggu yang belum sempat disampaikan fasilitator keteman-teman yang seharusnya datang hari minggu. Hari itu kami (lagi-lagi) dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan indikator pembelajaran. Kelompokku, kelommpok klumprik mendapatkan indikator : mengidentifikasi budaya bangsa dan bangun ruang.

Metode yang kelompokku pilih untuk mengidentifikasi budaya bangsa adalah dengan memperkenalkan macam-macam bahasa dan kebudayaan daerah lewat sosio drama, dimana konsepnya kami bagi adik-adinya ke dalam beberapa kelompok lalu kami beri nama suatu daerah yang masing-masing kelompok itu akan menceritakan tentang daearah itu sesuai yang mereka ketahui. Untuk bangun ruang, kami juga menggunakan metode yang sama. Yang pada akhirnya kami mendapat banyak sekali masukan yang hebat dari fasilitator.

Minggu tanggal 24-11-2013
Materi untuk hari ini adalah FGD dan microteaching. Pertama kami dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok pertama berada di pos FGD dan kelompok kedua di pos microteaching. Kebetulan aku berada di kelompok pertama, jadi aku berada di pos FGD. Di pos FGD ini pertama-tama kami dibagi menjadi dua kelompok kecil yang tiap kelompok terdiri dari 4 orang lalu kami diberi beberapa kasus yang sering terjadi di lingkungan pengajaran SSCS di berbagai lokasi, diantaranya kasus tentang anak-anak yang sering berkata kotor dan juga anak yang berkelahi dengan temannya lalu suka memukul pengajar bila saat berkelahi dipisahkan.

Untuk kasus itu, pertama kita identifikasi sebabnya. Kalau menurut kelompok kami, penyebabnya adalah faktor lingkungan dan kebiasaan dimana adik-adik memang berada di lingkungan yang sebagian besar masyarakatnya bersikap demikian sehingga mereka dengan mudah mencontohnya. Lalu sikap kami, yang jelas adalah melerai jika ada adik yang berkelahi atau menasehati adik yang berkata kotor itu. Solusi dari kelompok kami adalah kita lakuakan pendekatan ke adik tersebut, dengan bahasa yang tidak menggurui sehingga adik tersebut merasa nyaman. Setelah itu baru kita masukakan nasehat-nasehat tersirat agar meraka tidak melkukan hal demikian.

FGD tim AWIE :)


Selesai dari forum FGD tim 1 & tim  2 bertukar posisi, yang tadinya di pos FGD bertukar ke pos microteaching. Di pos microteaching kami masing-masing diberi satu indicator pembelajaran yang harus kami buat metode pengajarannya lalu mempraktekannya ke alam kelas microteaching dan itu dilakuakan secara INDIVIDU. Aku sendiri mendapatkan indicator tentang mengidentifikasi bangun datar.

Pertama membaca indikator, yang terlintas di pikiranku adalah membuat bentuk-bentuk bangun datar dari karton lalu diberi warna agar menarik, lalu diperkenalkan ke adik-adik. Akan tetapi, ditengah jalan tiba-tiba terlintas ide lain untuk metode pengajaran dengan indicator itu yang lagi-lagi dengan media LAGU. Akhirnya aku mencoba untuk mengarang lagu lagi, kurang lebih begini :

Mari kita mengenal macam-macam bentuknya,
Jam dinding si lingkaran, kipas angin si persegi,
Pigura persegi panjang, rok sulis trapesium,
Cemara segitiga, hayoo siapa tahu lainnya..

Dimana lagu itu dinyanyikan dengan nada lagu tukang becak. Setelah microteaching kami diberi refleksi dari acesor yang kebanyakan sih membangun dan sangat meninspirasi, selain itu kita jadi tahu banyak ilmu baru tentang pengajaran.

Yang aku rasakan setelah ikut pelatihan itu?

Apa yaa, rasanya takjub pada diri sendiri. Dari dulu aku selalu berfikir bahwa talent of artku itus angat tidak bagus. Heheh. Kenapa berfikir begitu? Aku bukan orang yang pintar menggambar, tidak pandai bermain musik, pokoknya tidak begitu pandailah dalam hals eni. TAPI TERNYATA..

Metode belajar yang lebih banyak aku pilih adalahd engan media LAGU. Cukup membuat terkejut diriku sendiri sebenarnya, tidak menyangka kalau seorang Aulia bias lho mengarang lagu untuk media pembelajaran. Bakat terpendam sepertinya. Heheh :D

Tentang kata orang, buat apa sih ikut penlatihan pengajaran?

Jujur kalau dari aku sendiri, selain supaya lebih inovatif mengajari adik-adik di TL Ambengan, aku mengikuti pelatihan ini untuk diriku sendiri. Buat apa? Menurutku sebagai seorang perempuan yang nantinya AKAN menjadi ibu, perlulah kita tahu metode-metode pengajaran yang bias digunakan untuk mengajari anak, bukan hanya sekedar memberi tahu. Terlebih soal menanamkan pendidikan karakter ke anak. Bagaimanapun juga nantinya GURU PERTAMA SEORANG ANAK ADALAH IBUNYA. Jadi si ibu harus punya metode untuk mendidik dan mengajari anak-anaknya..

Mungkin sebagian dari kalian beranggapan, “apa sih udah mikirin anak, kuliah aja belum kelar”. Yahh silahkan berfikir seperti itu, tapi ini penting untuk aku sendiri karena menurutku, jika kita ingin mencetak generasi terbaik maka kita harus mempersiapkan sejak dini. Dini ya secepatnya, sekarang kalau perlu. :D

Itulah sedikit ceritaku tentang Pelatihan Pengajar Keren, semoga bermamanfaat dan MLM ilmunya bisa terus disalurkan.Byeeeee…

SENYUM SEMANGAT DI HARI GURU TEMAN-TEMAN. TEBARKAN SEMANGAT MEMBAGI ILMU :D

Tidak ada komentar: